13 Siswa SMPN 1 Banjarmasin Terkonfirmasi Positif, 12 Diantaranya OTG

terasbanua.com, Banjarmasin - Setelah ditemukan adanya beberapa siswa yang terkonfirmasi positif virus Covid-19 di SMPN 1 Banjarmasin.


Ket foto : Kondisi kelas di salah satu SMPN 1 Banjarmasin setelah kembali memberlakukan PJJ.

SMPN 1 Banjarmasin pun langsung memberlakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) kepada siswanya.


Terlihat dari pantauan jurnalis terasbanua.com ke lokasi langsung, Senin (31/1/2022). Tidak ada aktivitas Pembelajaran Tatap Muka (PTM) seperti biasanya di sekolah.


Saat dikonfirmasi, Kepala Sekolah SMPN 1 Banjarmasin, Gusti Khairur Rahman menuturkan bahwa setelah ada ditemukan siswa yang terkonfirmasi positif Covid-19. Sekolah pun terpaksa kembali memberlakukan PJJ, guna mengantisipasi terjadinya penularan secara meluas.


"Insya Allah mulai efektif PJJ hari Jumat nanti karena kita kembali menyesuaikan jadwal dari PTM ke PJJ lagi," ungkapnya.


Lebih lanjut, ia menceritakan kronologi awal mula ditemukan kasus pertama siswa terpapar Covid-19 di SMPN 1 Banjarmasin.


"Kita tahu informasinya itu tanggal 27 dan siswa itu sudah beberapa hari izin tidak bisa berhadir ke sekolah. Lalu siswa itu di bawa ke Rumah Sakit TPT. Namun melalui puskesmas baru kami dapat info kalau siswa itu positif," terangnya.


Kemudian, pada Jumat (28/1) malam lalu,  pihak puskesmas juga meminta semua data siswa di kelas 9E yang mana di kelas tersebut terjadi kontak erat siswa terkonfirmasi positif Covid-19 tadi untuk segera dilakukan tracing.


Dari hasil tracing tersebut, ditemukan ada sebanyak 12 siswa yang ikut terpapar virus berbahaya tersebut melalui hasil tes PCR.


"Jumat itu langsung dilakukan PCR dan Sabtu hasil PCR keluar yang mana ada 12 siswa yang terpapar tanpa gejala," ungkapnya.


Adapun selama proses PTM berlangsung pihaknya telah melakukan berbagai antisipasi untuk menanggulangi terjadinya penularan Covid-19 di sekolah.


"Untuk pencegahan sudah kita dilakukan seperti ada anak yang demam saat cek suhu tubuh saja kita suruh pulang. Setiap pulang sekolah kami juga selalu melakukan penyemprotan di setiap ruangan kelas," akhirnya.


Diketahui, jumlah seluruh siswa di SMPN 1 Banjarmasin ada sebanyak 946 dan hampir 90 persen siswa telah bervaksin.


(Hamdiah)

1 tampilan0 komentar