124 Unit Rustilahu Mulai Dilakukan Perbaikan di Tahun 2022

terasbanua.com, Banjarmasin - Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin sudah mulai menjalankan Program Rumah Tidak Layak Huni (Rustilahu) yang ada di Kota Banjarmasin.



Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina mengungkapkan di tahun 2022 ini, ada sebanyak 124 unit rumah warga yang menjadi sasaran perbaikan.


"Kita mulai program ini di Gang Sederhana, Kelurahan Kelayan Timur. Ada dua rumah kita perbaiki selama 20 hari," ucap Ibnu, Selasa (13/9/2022).


Ibnu menjelaskan untuk biaya realisasi program rustilahu pada 124 unit rumah tersebut mengeluarkan anggaran sekitar Rp. 2 Miliyar yang mana setiap satu unit rumah diberikan anggaran perbaikan sebesar Rp. 24 juta.


Selain itu, selama perbaikan berlangsung. Pemilik rumah akan mendapatkan Bantuan Sosial (Bansos) berupa paket sembako.


"Setiap hari selama 20 hari perbaikan itu ada paket sembako diberikan," ujarnya.


Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Banjarmasin, Dolly Syahbana menambahkan penerima program rustilahu adalah mereka yang sudah terdaftar Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang diusulkan pada tahun 2021 lalu.


"Setelah diverifikasi jumlah rumahnya, baru bisa kita anggaran di tahun 2022 untuk program ini," terang Dolly.


Di samping itu, meskipun sudah terdata 124 unit rumah yang akan diperbaiki tahun ini. Namun diakui Dolly baru 94 rumah saja yang mulai bisa dilakukan perbaikan mulai hari ini hingga Desember mendatang.


"Jadi bertahap kita lakukan," ungkapnya.


Tak dipungkirinya, masih banyak rumah warga tidak layak huni di Kota Banjarmasin dan memang harus diperbaiki.


Namun mengingat anggaran terbatas, maka perbaikan dilakukan secara bertahap dan lebih memprioritaskan pada rumah yang memang kondisinya sudah sangat memprihatikan.


Untuk syarat kriteria yang penerima program rustilahu sendiri diantaranya telah terdata di DTKS, memiliki sertifikat kepemilikan rumah, kondisi rumah yang memang sudah tidak layak untuk dihuni, tidak berada di jalur hijau dan lainnya.


"Pengerjaan perbaikan akan dilakuan swadaya," tandasnya.


Adapun data program rustilahu pada 94 tersebar di lima kecamatan di Kota Banjarmasin yakni 13 unit rumah di Banjarmasin Utara, dan 15 unit rumah di Banjarmasin Barat dan Banjarmasin Tengah 9.


Sedangkan Banjarmasin Selatan jumlah rumah diperbaiki lebih banyak dibanding lainnya yakni 57 unit rumah.


"Karena memang di daerah Banjarmasin Selatan padat penduduk yang banyak usulan yang masuk," pungkasnya.


Hamdiah

3 tampilan0 komentar