• Krisna

1.062 Polsek Tidak Lagi Bisa Lakukan Penyidikan, Ini Daftar Polsek Di Kalimantan Selatan

terasbanua.com, Banjarmasin - 1.062 polsek di seluruh Indonesia yang tidak lagi bisa melakukan penyidikan, hal tersebut berdasarkan Surat Keputusan (SK) yang dikeluarkan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Pol Mochamad Rifa'i. Foto: Krisna.

Peraturan ini tertuang dalam SK bernomor Kep/613/III/2021yang dikeluarkan dan ditandatangani pada 23 Maret 2021.


Dalam keputusan Kapolri tersebut dipaparkan kriteria ataupun alasan 1.062 polsek di seluruh Indonesia saat ini tidak melakukan proses penyidikan.


Kriteria itu diantaranya adalah jarak tempuh polsek yang terlalu jauh dan juga soal sedikitnya jumlah laporan polisi yang masuk dari hasil rekapitulasi dalam satu tahun.


Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikwanto melalui Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Pol Mochamad Rifa'i mengatakan meskipun polsek tak lagi bisa melakukan penyidikan, polsek tersebut masih bisa menerima laporan masyarakat apabila menjadi korban tindak pidana atau yang lainnya.


"Laporan tetap bisa diterima, dititikberatkan pelaksanaan tugasnya kepada Harkamtibmas, jadi pemeliharaan, keamanan serta ketertiban," Ucap Kombes Pol Mochamad Rifa'i. Kamis (1/3/2021).


Ia menjelaskan laporan yang diterima oleh pihaknya polsek akan ditelaah terlebih dahulu sebelum diserahkan atau dilimpahkan ke Polres. Apabila laporan tersebut masih bisa diselesaikan oleh polsek, maka laporan itu tak perlu lagi diproses ke polres setempat.


"Misalkan ada hal-hal yang mengganggu hubungan kedua belah pihak seperti antar tetangga ribut, polsek masih bisa turun menengahi dan menyelesaikan dengan mediasi. Tapi kalau memang merasa tidak mau dan harus proses ke pengadilan maka akan dilimpahkan ke polres setempat," terangnya.


"Lebih mengedepankan pendekatan restorative justice," Lanjutnya.


Untuk diketahui, di Kalimantan Selatan sendiri ada 59 polsek yang tidak lagi bisa melakukan penyidikan, ini lah daftar 59 polsek tersebut:


1. Banjarbaru: 1 Polsek

2. Banjar: 4 Polsek

3. Tapin: 8 Polsek

4. Hulu Sungai Selatan: 4 Polsek

5. Hulu Sungai Utara: 2 Polsek

6. Hulu Sungai Tengah: 5 Polsek

7. Tabalong: 9 Polsek

8. Balangan: 3 Polsek

9. Tanah Laut: 3 Polsek

10. Tanah Bumbu: 4 Polsek

11. Barito Kuala: 15 Polsek

12. Kota Baru: 1 Polsek


(Krisna)

162 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua